oleh

Garbi Turki Dimotori Oleh 6 Mahasiswa Indonesia

Meeting Perdana Pembentukan GARBI Turki
Siang (Selasa, 23 Juni 2020) bertempat di Pasalimani Café and Resto yang terletak tepat di bibir Selat Bhosporus, Istanbul – enam mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Turki melaksanakan rapat perdana pembentukan Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) Turki.

Camp GarbiTurki

Mereka adalah : Haritsah Mujahid (Mahasiswa S1 Istanbul University), Martunus (Calon Mahasiswa Magister), Fathiyakan Abdullah (Mahasiswa S1 Sakarya University), Gading Siagian (Mahasiswa S1 Suleyman Demirel University), Miqyas Rabbany (Mahasiswa S1 Istanbul University).
Riak gelombang di selat Bhosporus menemani hangat diskusi rapat perdana itu. Terlihat beberapa burung camar terbang rendah menyambar ikan-ikan kecil malang yang berenang bergerombol di biru beningnya air laut. Pemilihan lokasi di pinggir seat Bhosporus memang disengaja untuk menghadirkan nuansa gelombang yang berpusar. Sebab diproyeksikan GARBI Turki menjadi pemusar gelombang Arah Baru Indonesia di Turki hingga ke seluruh dunia.

Diskusi dimulai dari pemilihan ketua GARBITurki. Pembahasan cukup alot mengingat setiap peserta yang hadir memiliki kapasitas untuk menjadi ketua GARBITurki.

Namun akhirnya setelah bermusyawarah sejam, semua yang hadir sepakat mengangkat Haritsah Mujahid menjadi ketua perdana GARBITurki.

Selanjutnya Gading Siagiain sebagai sekjend, Miqyas Rabbany sebagai ketua kajian strategis, Fathiyakan Abdullah sebagai ketua kaderisasi dan Martunus sebagai dewan penasehat karena dia lebih senior diantara mereka dari segi umur dan pengalaman.

Selanjutnya para peserta mengontak mahasiswa-mahasiswa lain yang bersedia bergabung dengan GARBI Turki namun berhalangan hadir untuk dimintai kesediaan mengisi struktur pengurus GARBITurki.

Baca juga : Gempa Padang Panjang Sumbar Magnitudo 4,5 Hari Ini Selasa 30-06-20

Untuk tahap awal struktur bidang GARBITurki adalah sebagai berikut.

Dewan Penasehat : Martunus (Aceh)
Ketua : Haritsah Mujahid (Sumatera Utara)
Sekretaris Jenderal : Gading Ramadhan Siagian (Sumatera Utara)
Wakil Sekretaris Jenderal : Faisal Abdi Sitorus (Sumatera Utara)
Bendahara : Hamzah Halim (Jawa Barat)
Divisi – Divisi :
Divisi Kajian Strategis : Miqyas Robbani (Jawa Timur)
Divisi Kaderisasi : 1. Fathiyakan Abdullah (Jawa Barat)
2. Minhaj Rabbani (Bali)
Divisi Hubungan Masyarakat : 1. Ghulam Fahmi Habibie (Jawa Barat)
2. Muhammad Hilmi Alfitra Salam (Jawa Barat)

Ketua GarbiTurki Haritsah Mujahid

GARBI Turki di pergerakan awalnya tidak akan melakukan perekrutan seperti lembaga-lembaga mahasiswa lainnya namun akan berfokus pada penyebaran narasi Arah Baru Indonesia yang ingin mewujudkan Indonesia dalam kekuatan 5 Besar Dunia.

GARBI Turki juga akan berkolaborasi dengan lembaga-lembaga mahasiswa Indonesia yang lain yang sudah duluan berdiri di Turki seperti PPI Turki, KAMMI Turki, IKAMAT dan lain-lain dalam amal usaha membantu mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Turki.

Dalam waktu dekat setelah kehidupan kembali normal, GARBI Turki akan membuat deklarasi secara resmi. Belum tau pasti kapan, namun tidak akan melewati tahun 2020 ini. Namun meskipun belum dideklarasikan secara resmi, GARBI akan segera memulai pelan-pelan perannya menyebarkan narasi Arah Baru Indonesia dan berkontribusi untuk Indonesia.

Demikian pers rilis singkat yang bisa kami kabarkan kepada masyarakat Indonesia terkait penubuhan GARBI Turki.

Kamis, 25 Juni 2020/ Istanbul, Turki.
Ttd,
Haritsah Mujahid
Ketua GARBI Turki

PERDANANEWS