oleh

Jenis Lebah Madu Yang Berasal Dari Asia

PerdanaNewsRiau, Lifestyle – Madu merupakan salah satu herbal yang dihasilkan oleh lebah, tahukah kamu ternyata ada banyak lho jenis lebah yang menghasilkan madu yang berasal dari asia, beberapa diantaranya adalah lebah madu asli dari Indonesia. Gimana keren kan negara kita? Asalkan dikelola dengan serius oleh ahlinya pasti akan menjadi negara yang sangat berpengaruh didunia, dengan bermodalkan SDA indonesia yang kaya raya ditopang oleh SDM yang juga mumpuni.

  1. Apis Cerana

Apis Cerana atau yang lebih dikenal dengan nama lebah timur, tersebar wilayah Asia tenggara dan selatan, seperti Cina, Korea, Jepang, Pakistan, Bangladesh, India, Papua Nugini, Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia sendiri berada di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Lombok.

2. Apis Dorsata

Apis Dorsata yang juga dikenal dengan nama lebah madu hutan, merupakan satu dari beberapa jenis lebah yang berasal dari jenis lebah madu yang tersebar di daerah tropis asia dan subtropis, wilayah sebarannya termasuk juga di indonesia. jenis lebah ini juga dikenal dengan sebutan lebah raksasa, karena ukurannya yang lebih besar dari lebah lainnya, Apis dorsata selama ini belum bisa dibudidayakan. Produksi madu dari lebah ini masih diambil dari hutan, oleh karenanya sering disebut madu hutan.

3. Apis Florea

Lebah ini bisa ditemukan di Indonesia, Oman, Iran dan India. Apis florea termasuk lebah liar yang tidak biasa dibudidayakan. Masyarakat di Indonesia sering menyebut lebah in dengan sebutan tawon. Lebah ini bisa hidup berdampingan dengan Apis dorsata, Apis mellifera dan Apis cerana. Produktivitas madunya relatif kecil hanya sekitar 1-3 kg per koloni per tahun. Di pasaran produk dari jenis lebah madu Apis florea dikenal sebagai madu klanceng.

4. Apis Mellifera 

Lebah madu jenis ini juga dikenal dengan nama Lebah Madu Barat dan juga menjadi favorit para peternak lebah. Karena produksi madunya yang sangat tinggi, satu koloni bisa mencapai 35-40 kg per tahun. Apis Mellifera dipercaya berasal dari Eropa, tepatnya dari daerah Italia, Yunani dan Perancis. Lebah ini mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap berbagai jenis iklim. PNR/Rls

PERDANANEWS