oleh

Kentos Kelapa Sebagai Cikal Bakalnya Kehidupan

PerdanaNewsRiau, Lifestyle – Kentos atau tombong merupakan cikal bakal pembentukan tunas kelapa. Kenthos kelapa bentuknya bulat dan terletak di dalam daging buah kelapa yang sudah tua. Nah, kentos kelapa ini bisa dimakan dan rasanya tu enak. Biasanya untuk makannya, kita harus membelah buah kelapa dulu baru bisa menemukan kentos kelapanya.

Jadi dari kentos kelapa kita bisa menarik filosofi bahwa pohon kelapa yang tumbuh besar itu berasal dari kenthos yang pada mulanya kecil dan minim manfaatnya bagi kehidupan. Artinya sesuatu yang besar di hari ini, pada awalnya ia adalah sesuatu yang kecil, namun sangat bernilai. Jadi pelajarannya jangan menilai remeh sesuatu yang kecil, karena belum tentu sesuatu yg kecil tidak bisa menghasilkan apapun. Seperti halnya kenthos kelapa yang kurang bermanfaat bagi manusia, namun dari kenthos kelapa lah cikal bakal tumbuhnya tunas kelapa yang kemudian membesar hingga menjadi pohon kelapa yang tinggi.

Meskipun ia terdapat pada buah kelapa yang sudah tua, namun jika dimakan rasanya sangat enak dan manis. Meskipun air kelapa yang sudah tua itu sudah tidak memiliki rasa manis layaknya kelapa muda. Jadi filosofinya, jangan menganggap hal hal yang sudah lanjut usia tidak bisa memberikan hal positif sama sekali. Bahkan semakin matang sesuatu maka semakin banyak kebaikan yang kita dapatkan darinya. layaknya orang tua di sekeliling kita, mereka memiliki pengalaman yang banyak tentang kehidupan, banyak hal yang bisa kita ambil hikmah dan pelajaran dari mereka jika kita bergaul dengan mereka.

Oleh : Kholilah | Mahasiswi STID Mohammad Natsir Jakarta

PERDANANEWS