oleh

Pemkab Meranti dan UIN Susqa Riau Teken MoU Kerjasama Pendidikan

PerdanaNewsRiau, Meranti,Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Qasim Riau dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) pendidikan, kegiatan yang dikemas dengan acara silahturahmi dalam upaya mewujudkan program “Meranti Cerdas” H. Adil-H. Asmar itu, digelar di Aula Kantor Bupati Meranti, Selasa (8/6/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Susqa Riau Dr. H. Hajar Hasan MA, Direktur Politeknik Caltex Riau (PCR) Dr. Mohammad Yanuar Heriyawan, Staf Ahli Bupati H. Azmi, H. Askandar, Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, Kabag Hukum Sekdakab. Meranti Sudandri SH, Perwakilan Kemenag Meranti H. Jasmail, Kabag Prokopim Meranti Rudi MH, Bappda Meranti, dan Civitas Akademika UIN Susqa serta Politeknik Caltex Riau.

Penandatanganan MoU antara Pemkab. Meranti dan UIN Susqa Riau dilakukan langsung oleh Bupati H. Muhammad Adil SH dan Dr. H. Hajar Hasan MA mewakili UIN Susqa Riau.

Seperti dikatakan Bupati H.M Adil, dirinya sangat menyambut baik penandatanganan kerjasama ini karena sangat selaras dengan 7 Program Bupati dan Wakil Bupati Meranti H. Adil-H. Asmar dalam mewujudkan “Meranti Cerdas”.”Kerjasama ini sangat penting karena sejalan dengan 7 program strategis Adil-Asmar dalam upaya meningkatkan kualitas SDM menuju Meranti Cerdas,” ucap Bupati.

Dalam program tersebut Pemkab. Meranti akan berusaha mencetak 50 orang sarjana SI, 5 Master dan 2 Doktor.Melalui kerjasama tersebut Bupati H.M Adil berharap dapat menciptakan SDM Meranti yang unggul yang mampu bersaing dan mengisi berbagai bidang pekerjaan yang ada di Meranti.

Seperti diketahui, saat ini jumlah generasi muda Meranti yang menimba ilmu di UIN Susqa Riau sangat banyak, dan kualitas UIN Susqa Riau dalam mencetak generasi unggul sudah tidak diragukan lagi, sebut saja H. Tarmizi Tohor yang berhasil menjadi pejabat tinggi di Kementrian Agama RI.Kedepan Bupati H.M Adil berjanji akan menjadikan UIN Susqa Riau sebagai salah satu Perguruan Tinggi rekomendasi Pemda Meranti untuk menyekolahkan anak-anak Meranti.

“Nantinya kita akan menyekolahkan anak-anak Meranti di UIN Susqa Riau yang dibiayai oleh Pemda,” ucap Bupati.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Susqa Riau Dr. H. Hajar Hasan MA, dalam sambutannya menjelaskan profil Fakultas Syariah dan Hukum UIN Susqa. Fakultas ini memiliki 3 Jurusan yang salah satunya Hukum yang sangat banyak mendapat simpati dari masyarakat. Saat ini UIN Susqa tengah merintis program S2 Ilmu Hukum sesuai usulan Alumni yang ingin melanjutkan kuliah S2 di UIN.

Dalam perkuliahan UIN Susqa memiliki keunggulan dari Perguruan Tinggi lainnya. Dimana memiliki muatan Agama yang lebih banyak yakni 22 SKS, sehingga lulusan UIN diklaim dapat menjadi Imam, Ustadz yang mampu menjelaskan masalah akidah dan akhlak.Sejauh ini UIN Susqa Riau telah menerjunkan ratusan mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Kuliah Nyata (PKN) di Kepulauan Meranti yang ditempatkan mulai dari Perbankan, Pengadilan Agama, Kemenag dan lainnya.

MoU yang dilakukan kali ini adalah salah satu upaya UIN Susqa Riau untuk mengukuhkan dasar hukum pelaksanaan kegiatan PKN ini.Tujuan MoU ini, selama ini UIN menerjunkan mahasiswa baik dalam praktek kerja nyata, KKN, tiap tahun ratusan orang diberbagai instansi. Termasuk Perbankan, Pengadilan, depag dan lainnya.

“MoU ini sekaligus untuk mengukuhkan dasar hukum praktek magang yang menjadi keharusan bagi mahasiswa sebelum menuntaskan kuliahnya,” jelas Dr. Hajar.Lebih jauh dikatakan Dr. Hajar, menurut rencana pada Juli 2021 mendatang UIN Susqa akan kembali menurunkan mahasiswa magang keberbagai daerah salah satunya Kepulauan Meranti untuk melakukan penelitian yang sifatnya akademis dalam menggali semua potensi yang ada di Meranti.

“Semoga mahasiswa yang memiliki potensi dapat dipakai Pemkab. Meranti untuk membangun daerahnya,” pungkasnya.Kegiatan penandatanganan MoU antara Pemkab Meranti dengan UIN Susqa Riau ditutup dengan tukar menukar cendra mata dan foto bersama. (Prokopim Meranti).

PERDANANEWS